Sukses

Operasi Balap Liar Polisi Kerahkan Ratusan Personil

Petugas Kepolisian Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya gencar melakukan operasi pengebutan setiap hari di lima wilayah DKI Jakarta mulai pukul 01.00 dinihari. Operasi ini mengantisipasi aksi balap liar yang biasanya marak dilakukan di bulan suci Ramadha

Liputan6.com, Jakarta: Petugas Kepolisian Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya gencar melakukan operasi pengebutan setiap hari di lima wilayah DKI Jakarta mulai pukul 01.00 dinihari. Operasi ini mengantisipasi aksi balap liar yang biasanya marak dilakukan di bulan suci Ramadhan,

Informasi AKP Sugeng Budiono selaku petugas siaga TMC Polda Metro Jaya menyebutkan, setiap tim dipimpin oleh satu perwira pertama. "Kegiatan operasi ini dilakukan secara mobile dimulai pukul 01.00 sampai jam 06.00," ujarnya. Pada operasi balap liar Rabu (11/10), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengerahkan 208 personel yang terdiri dari petugas yang menggunakan roda empat sebanyak 26 unit, sepeda motor sebanyak 37 unit, dan menggunakan truk sebanyak 5 Unit.

Dari 208 personel, 84 personil diantaranya menggunakan pakaian preman dan kendaraan preman yang bertugas memantau situasi yang rawan menjadi ajang pengebutan. Bila menemukan adanya balap liar anggota tersebut akan melaporkan ke petugas siaga TMC untuk ditindaklanjuti.

Sugeng menuturkan, setelah mengikuti gelar pasukan di Polda Metro Jaya, tim kemudian didorong ke wilayah masing-masing untuk melaksanakan patroli di lokasi yang sering dijadikan balapan liar. Jumlah personil dalam satu tim, masing-masing berbeda bergantung wilayahnya. Wilayah Jakarta Pusat misalnya, 22 Personil, kendaraan roda empat (4 unit) dan Sepeda motor (24 unit).

Wilayah Jakarta Utara 27 Personil, kendaraan roda empat (3 unit) dan sepeda motor (4 unit). Wilayah Jakarta Barat 24 Personil, kendaraan roda empat (5 unit) dan sepeda motor (6 unit). Wilayah Jakarta Selatan 27 Personil, kendaraan roda empat (5 unit) dan sepeda motor (3 unit). WIlayah Jakarta Timur 24 Personil, kendaraan roda empat (5unit) dan sepeda motor (6 unit). Wilayah Jalan Asia Afrika, 6 personil, kendaraan roda empat (3 unit) dan sepeda motor ( 6 unit). Karet Bivak, 12 Personil, kendaraan roda empat (4 unit) dan sepeda motor (8 unit).

Bagi masyarakat yang mengetahui aksi balap liar dihimbau untuk segera menghubungi ke kantor Polisi terdekat atau menghubungi TMC di no telepon 021-5276001 maupun SMS ke 1717. Bagi bikers yang terjaring dalam operasi tersebut, akan dikenakan tilang dan apabila akan mengambil barang bukti yang disita, diharuskan mengikuti sidang terlebih dahulu di pengadilan yang ditunjuk.(TMC/ARI)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini