Sukses

Wapres: Bantuan Akan Diberikan Selama Dua Bulan

Pemerintah berjanji akan memberikan anggaran dana tak terbatas untuk korban gempa bumi di Sumatra Barat. Bantuan tersebut akan diberikan kepada masyarakat di Sumbar selama dua bulan penuh.

Liputan6.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rabu (30/9), memanggil sejumlah menteri, Panglima TNI dan Kapolri untuk merespon gempa di Sumatra Barat. Data sementara, sebanyak 75 orang tewas dan ribuan rumah rusak berat akibat gempa berkekuatan 7,6 SR tersebut. Karenanya, pemerintah siap dengan anggaran yang tidak terbatas, sebab gempa ini disetarakan dengan gempa di Yogyakarta. Bantuan tersebut akan diberikan kepada masyarakat di Sumbar selama dua bulan penuh.

Selain itu, Wapres Jusuf Kalla juga meminta enam menteri yakni Menteri PU, Menkes, Menhub, Mendagri, serta Mensos di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Kesejateraan Rakyat untuk berangkat ke Padang, guna menilai kerusakan akibat gempa. Hasil pantauan tersebut kemudian segera dilaporkan kepada presiden lusa. Gempa belum bisa dilaporkan Wapres ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingat SBY masih dalam perjalanan dari Amerika ke Tanah Air. Berita selengkapnya dapat menyimak video.(BJK/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini