Sukses

Kubu DDI Tuntut Eksekusi Kampus Unasman

Dua kelompok massa yang memperkarakan eksekusi kampus Unasman di Polewali Mandar, Sulbar, saling unjuk kekuatan. Mereka saling bergantian melakukan tekanan terhadap pengadilan.

Liputan6.com, Polewali Mandar: Dua kelompok massa yang menuntut dan menolak eksekusi kampus Universitas Al-Asyariah Mandar (Unasman) saling unjuk kekuatan di depan Pengadilan Negeri Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Selasa (11/1). Massa pendukung kubu Darul Dakwah Wal Irsyad atau DDI Polewali Mandar unjuk kekuatan dengan berorasi.

Mereka menuntut pengadilan segera mengeksekusi kampus Unasman. Menanggapi tuntutan itu, Ketua PN Polewali Mandar Rochmad SH berjanji akan melakukan eksekusi pada 13 Januari mendatang. Eksekusi tak akan ditunda lagi kecuali jika situasi keamanan tidak mendukung. Ssebelumnya pengadilan sudah tiga kali menunda eksekusi kampus karena adanya penolakan dari massa pendukung kubu Profesor Sahabuddin.

Kampus Unasman diperebutkan dua kelompok, yaitu kubu tergugat Profesor Sahabuddin dan pihak penggugat DDI Polman yang diwakili Profesor Muis Kabri. Sengketa kampus Unasman muncul sejak 2005 lalu. Di tingkat pengadilan, Profesor Sahabuddin menang, namun banding dan kasasi Mahkamah Agung dimenangkan kubu DDI. Putusan MA dikelarkan 2009 lalu namun hingga kini eksekusi belum dilakukan karena alasan keamanan.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.