Sukses

Gayus Tiba di Rutan Cipinang

Kepala Rutan Salemba Edi Kurniadi mengatakan, Gayus akan menempati ruang tahanan Kelas I Tipikor di lantai tiga kamar 14. Ia mengaku tidak ada penjagaan istimewa terkait kedatangan mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak golongan III A itu.

Liputan6.com, Jakarta: Gayus H.P. Tambunan, terdakwa kasus mafia pajak, akhirnya tiba di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur, Senin (22/11) sekitar pukul 21.41 WIB. Ia dibawa dengan menggunakan mobil tahanan milik Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan bernomor polisi B 8282 ER, serta dikawal beberapa petugas kejaksaan dan kepolisian [baca: Gayus Dipindahkan ke Cipinang Senin Malam].

Begitu tiba, mobil tahanan yang membawa Gayus langsung dibawa masuk melewati pintu gerbang penjara. Beberapa wartawan yang menunggu terpaksa harus gigit jari tidak bisa melihat Gayus lantaran pintu gerbang tinggi berwarna putih itu langsung ditutup petugas.

Kepala Rutan Salemba Edi Kurniadi mengatakan, Gayus akan menempati ruang tahanan Kelas I Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) di lantai tiga kamar 14. Ia mengaku tidak ada penjagaan istimewa terkait kedatangan mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak golongan III A itu. Bahkan, selaku kepala rutan, ia berjanji aparatnya tidak akan tergiur "godaan" Gayus sebagaimana yang terjadi di Rutan Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob), Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, awal November lalu.

"Seribu persen anak buah saya tidak akan menerima `tawaran` Gayus," ujar Edi. Edi menambahkan saat ini hanya ada 79 tahanan dari kapasitas sebanyak 256 orang di Rutan Salemba, sehingga ruangan yang akan diisi hanyalah Gayus seorang diri.

Sementara itu, Polri berjanji akan menyerahkan berkas Gayus kepada kejaksaan terkait kasus keluarnya terdakwa mafia pajak itu dari Rutan Mako Brimob, untuk berpelesiran ke Bali, besok pagi [baca: Besok, Polri Serahkan Berkas Gayus].(ADI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.