Sukses

Sonata Berencana Balas Dendam Saat HUT Bhayangkara

Mabes Polri menyatakan jaringan teroris Abdullah Sonata berencana menyerang institusi kepolisian saat perayaan HUT Bhayangkara 1 Juli mendatang. Motif penyerangan adalah balas dendam terhadap Polri.

Liputan6.com, Jakarta: Markas Besar Polri menyatakan jaringan teroris Abdullah Sonata berencana menyerang institusi kepolisian saat perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara. "Mereka merencanakan penyerangan pada 1 Juli 2010 saat perayaan Hari Bhayangkara," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Edward Aritonang di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (25/6) siang. Selain itu, jaringan Abdullah juga berencana menyerang kantor kedutaan besar salah satu negara Eropa di Jakarta.

Edward mengungkapkan, motivasi pelaku menyerang Polri karena ingin membalas dendam terkait dengan penangkapan dan penembakan terhadap pelaku teroris yang lain. "Motif penyerangan sakit hati kepada polisi. Karena, polisi yang menangkap rekan-rekan mereka," ucap Edward.

Rabu silam, tim Detasemen Khusus 88 Antiteror menggrebek lokasi persembunyian teroris yang diduga berasal dari jaringan Pamulang-Aceh di di Dukuh Cungkrungan, Desa Gelang Wetan, Klaten Utara, Jawa Tengah. Dalam penggerebekan itu, enam orang yang diduga teroris dibekuk, seorang di antaranya tewas ditembak.

Mereka adalah Heri Sigu Samboja alias Heri Amshori alias Shogir, Medi alias Budiyanto, Abdullah Sonata alias Arman Kristianto, Agus Mahmudi alias Agus, Bintang Juliardhi, serta satu teroris tewas ditembak adalah Yuli Harsono [baca: Penggerebekan Teroris Satu Tewas, Tiga Terluka].(BOG/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.