Sukses

Sjahril Mengaku Dekat dengan Susno

Tersangka makelar kasus Syahril Djohan mengaku sudah sejak lama berteman dekat dengan mantan Kabareskrim Polri Susno Duadji. Dalam berita acara pemeriksaan atau BAP, Sjahril mengaku pernah dimintai tolong oleh Susno untuk mencari kesalahan pimpinan KPK Bibit Samad Riyanto dan Chandra Hamzah.

Liputan6.com, Jakarta: Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) Sjahril Djohan yang beredar luas di kalangan wartawan Mabes Polri, Sjahril mengaku kepada penyidik, sudah sejak lama berteman dekat dengan Susno Duadji. Sjahril sering meminta pertolongan kepada Susno terkait sejumlah kasus dan begitu pula sebaiknya, Jumat (16/4).

Susno pernah meminta pertolongan kepada mantan diplomat ini untuk mencari kesalahan pimpinan KPK, Bibit Samad Riyanto dan Chandra Hamzah, saat kasus mereka mencuat beberapa waktu lalu.

Dalam BAP yang sama, Sjahril bahkan mengklaim telah memberikan Rp 500 juta kepada Susno dari Haposan Hutagalung. Haposan Hutagalung merupakan pengacara PT Salmah Arwana Lestari yang juga pengacara tersangka makelar pajak, Gayus Tambunan.

Keterkaitan antara Susno, Gayus Tambunan, dan Sjahril juga terungkap dalam pemeriksaan itu. Haposan dan Sjahril berjanji memberikan uang Rp 3 miliar jika Susno membuka rekening Gayus Tambunan yang berisi Rp 28 miliar yang sempat diblokir.

Kebenaran isi BAP ini memang belum dikonfirmasi pihak Mabes Polri. Namun, beberapa hari lalu, Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Zulkarnain Adinegara membenarkan nama Susno disebut oleh Sjahril.

Benar atau tidaknya tudingan Sjahril baru dapat diketahui pada 20 April mendatang. Di hari itu, ia dan Susno akan diperiksa bersamaan untuk dikonfrontir.(IDS/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.