Sukses

Pangdam: Pelaku Teror di Freeport Tentara OPM

Pangdam XVII Cenderawasih menegaskan pelaku teror dan sejumlah aksi penembakan di PT Freeport adalah kelompok tentara pembebasan nasional OPM pimpinan Kelly Kwalik. Aparat gabungan TNI dan Polri masih terus mengejar pelaku penembakan.

Liputan6.com, Jayapura: Aksi teror dan penembakan di PT Freeport Indonesia, Timika, Papua ternyata dilakukan oleh kelompok tentara pembebasan nasional Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang dipimpin Kelly Kwalik. Hal ini dinyatakan Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Azmin Yusri Nasution saat berdialog dengan sejumlah tokoh masyarakat, agama, pemuda, dan lembaga swadaya masyarakat, Sabtu (31/10).

Sebagai bukti, Pangdam menunjukkan pernyataan Kelly Kwalik yang mengaku bertanggungjawab atas semua insiden dan teror yang terjadi. Selanjutnya, Pangdam memaparkan sepak terjang kelompok Kelly Kwalik. Menurut Azmin, dalam lima bulan terakhir kelompok ini melancarkan berbagai aksi penembakan terhadap bus karyawan PT Freeport. Teror tersebut telah minta tiga korban jiwa, satu di antaranya warga negara Australia [baca: Karyawan Freeport asal Australia Tewas].

Akibat teror ini, aktivitas karyawan dari Timika menuju areal tambang Freeport sempat dihentikan. Sejauh ini aparat gabungan TNI dan Polri masih terus mengejar pelaku penembakan. Simak selengkapnya di video.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini