Sukses

Hadi Purnomo Jadi Ketua BPK

Sidang anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rabu (21/10), memilih Ketua dan Wakil Ketua BPK baru, yaitu Hadi Purnomo dan Herman Widyananda.

Liputan6.com, Jakarta: Sidang Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rabu (21/10), memilih Ketua dan Wakil Ketua BPK baru, yaitu Hadi Purnomo dan Herman Widyananda. Plt Kepala Biro Humas dan Luar Negeri BPK, B. Dwita Pradana menyebutkan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BPK itu dilaksanakan melalui pemungutan suara secara bebas dan rahasia oleh 9 anggota BPK.

Pemilihan pimpinan BPK itu dilaksanakan sesuai Pasal 15 ayat (2) UU No.15/ 2006 tentang BPK, dan Peraturan BPK No.1/ 2009 tentang Tata Cara Pemilihan ketua dan Wakil Ketua BPK, yang ditetapkan pada hari yang sama sebelum dilakukan pemilihan.

"Sesuai perundang-undangan yang berlaku, Ketua dan wakil Ketua BPK terpilih selanjutnya akan melakukan pengucapan sumpah. Mereka akan melakukan pengucapan sumpah yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung, Harifin A. Tumpa," kata Dwita.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BPK dilakukan dari dan oleh anggota BPK merupakan pertama kalinya dalam sejarah karena sebelumnya Ketua dan Wakil Ketua BPK diangkat Presiden atas usul DPR berdasarkan UU No.5/ 1973.

Hadi Poernomo adalah Dirjen Pajak sejak Februari 2001 hingga April 2006. Sementara, Herman Widyananda menjadi anggota BPK sejak Mei 2007 dengan sebelumnya berkiprah di Partai Golkar.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.