Sukses

Anwar Nasution Mengaku Bidani Bank Century

Anwar Nasution mengaku ikut membentuk Bank Century ketika menjabat Deputi Gubernur BI. Saat itu ia mengajukan syarat seperti perbaikan manajemen dan komitmen untuk tidak melakukan yang tidak-tidak.

Liputan6.com, Jakarta: Bekas Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Anwar Nasution mengakui terlibat membidani pembentukan Bank Century pada 2004. Saat itu, Anwar yang menjabat Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), mengajukan beberapa syarat. Di antaranya adalah modal ditambah, manajemen diperbaiki, dan komitmen untuk tidak melakukan yang tidak-tidak. Setelah itu, Anwar tak lagi memantau perkembangan Bank Century. Demikian dikatakan Anwar saat pelantikan anggota BPK periode 2009-2014 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (19/10).

Anwar juga mengatakan, pemeriksaan kasus Bank Century sudah mencapai 70 persen hingga hari terakhir ia menjabat sebagai Ketua BPK. Proses yang tersisa adalah wawancara berbagai pihak yang diperiksa seperti BI, Bank Century, termasuk dirinya sendiri.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tadi pagi, melantik tujuh anggota BPK yaitu Hasan Bisri, Hadi Purnomo, Rizal Djalil, Moermahadi Soerja Djanegara, Taufiequrrachman Ruki, Muhammad Nurlif, dan Ali Masykur Musa. Pelantikan ini juga sekaligus memberhentikan tujuh anggota BPK yang berakhir masa tugasnya pada 19 Oktober 2009, termasuk Anwar Nasution [baca: Presiden Lantik Anggota BPK Baru]. Selengkapnya simak di video.(ZAQ/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.