Sukses

Ulat Bulu Juga Ditemukan di Asahan

Hama ulat bulu juga ditemukan di Kabupaten Asahan, Sumatra Utara, meski jumlahnya tidak sebanyak di daerah lain.

Liputan6.com, Medan: Hama ulat bulu juga ditemukan di Kabupaten Asahan, Sumatra Utara, meski jumlahnya tidak sebanyak di daerah lain. Demkian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Sumut Muhammad Roem di Medan, Jumat (15/4). Dia mengatakan telah menyurati seluruh Dinas Pertanian Pemkab/Pemkot di Sumut untuk memantau perkembangan yang terjadi.

Pihaknya berkeinginan agar Distan Pemkab/Pemkot di Sumut dapat bertindak dengan cepat jika menemukan hama ulat bulu sehingga tidak sampai menyerang warga. Kendati ditemukan di sejumlah lokasi, belum menyebabkan Sumut berstatus kejadian luar biasa ulat bulu. "Memang wabah, tapi belum KLB," katanya.

Ia menjelaskan, munculnya ulat bulu di sejumlah lokasi disebabkan terganggunya ekosistem yang menghilangkan predator atau pemangsa hewan tersebut. Namun Muhammad Roem tidak bersedia menjelaskan lebih jauh mengenai kerusakan ekosistem yang dimaksud. "Biasalah, kalau predatornya habis, ulat bulunya banyak," katanya.

Distan Sumut telah melakukan penyemprotan cairan insektisida terhadap sejumlah pohon di Kota Medan untuk membasmi ulat bulu yang banyak bergelantungan. Pembasmian dengan cara penyemprotan insektisida dilakukan agar ulat bulu tidak menyerang hingga ke permukiman warga. Selain penyemprotan, petugas Distan Sumut juga melakukan pengasapan terhadap pohon-pohon yang dihinggapi ulat bulu.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini