Sukses

Ulat Bulu Meluas, Burung Predator Diterbangkan

Untuk mengantisipasi serangan ulat bulu yang kini melanda 12 kecamatan di Probolinggo, Jateng, Komunitas Pecinta Lingkungan melepas sekitar 200 burung pemakan ulat. Rencananya, 1.000 burung pemakan ulat juga akan dilepas di 12 kecamatan.

Liputan6.com, Probolinggo: Sekelompok orang yang mengaku dari Komunitas Pecinta Lingkungan melepas sekitar 200 ekor burung pemakan ulat. Jenis burung predator yang dilepas antara lain burung pipit, gelatik, prenjak, manyar, gereja, kutilang, dan cerukcuk. Pelepasan burung predator itu dilakukan di Alun-alun Kota Probolinggo, Jawa Timur, Ahad (3/4) siang.

Pelepasan burung-burung predator untuk mengantisipasi kian merebaknya serangan ulat bulu yang kini melanda 12 kecamatan di Probolinggo. Seribu burung predator pemakan ulat lainnya rencananya juga dilepas di 12 kecamatan tersebut [baca: Hama Ulat Bulu Serang Probolinggo].

Hingga kini, telah terdata lebih dari 50 desa di 12 kecamatan di wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo yang terserang hama ulat bulu. Dinas Pertanian setempat sejauh ini masih berupaya melaksanakan penyemprotan di sejumlah titik secara berkala.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kota Probolinggo, Yuda Sunantya, merebaknya serangan ulat bulu diduga karena musim dan kian sedikitnya populasi hewan predator pemakan ulat.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.