Sukses

Mahasiswa Unair Demo Lagi

Ratusan mahasiwa Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, kembali berunjuk rasa menolak rencana kenaikan biaya kuliah. Kenaikan itu hanya memberatkan calon mahasiswa tak mampu.

Liputan6.com, Surabaya: Ratusan mahasiwa Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, Kamis (31/3) kembali berunjuk rasa menolak rencana kenaikan biaya Sumbangan Pengembangan Pembangunan Pendidikan atau SP3. Pasalnya, kenaikan itu dinilai memberatkan calon mahasiswa tidak mampu.

Mahasiswa Unair menggelar unjuk rasa di kampus A Fakultas Kedokteran yang terletak di Jalan Dharma Husada menolak rencana pihak rektorat yang menaikkan uang kuliah secara bervariasi. Calon mahasiswa yang masuk dari Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dikenakan biaya Rp 2,5 juta hingga 15 juta. Mereka menuding kebijakan Rektorat Uniar itu hanya memberatkan masyarakat kurang mampu yang ingin anak mereka kuliah di Unair.

Dalam unjuk rasa itu, mahasiswa sengaja mengenakan atribut pejuang. Mereka berharap rektorat dan pimpinan Unair menyadari kebijakan itu bertentangan dengan cita-cita luhur Proklamator Bung Karno. Karena Presiden RI Pertama itulah yang meresmikan Kampus Universitas Airlangga, 10 November 1954.

Sebelumnya, ratusan mahasiswa Unair juga melakukan aksi serupa di Kampus C. Aksi itu berakhir ricuh karena mahasiswa bersikeras ingin menemui rektor [baca: Demo Mahasiswa Unair Berlangsung Ricuh]. (ADI/Vin)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini