Sukses

Kali Putih Makin Dangkal, Banjir Mengancam

Setelah diterjang banjir lahar dingin yang terus-menerus, Kali Putih semakin dangkal. Akibatnya, sejumlah dusun terancam diterjang banjir permanen karena berada di bawah Kali Putih.

Liputan6.com, Magelang: Setelah diterjang banjir lahar dingin yang terus-menerus, Kali Putih semakin dangkal. Akibatnya, kali yang dulu berada di bawah perkampungan sudah beralih menjadi di atas perkampungan. Karena itu, sejumlah desa terancam bakal diterjang banjir tanpa henti.

Beberapa desa yang terancam banjir Kali Putih ini berada di wilayah Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tiga dusun yang diperkirakan paling parah terkena banjir yakni Dusun Krapyak, Dusun Klumpukan, dan Dusun Jetis. Semua dusun tersebut masuk dalam wilayah Desa Seloboro. 
 
Letak ketiga dusun tersebut berada memang di bawah Kali Putih. Endapan material sisa banjir lahar dingin dari Gunung Merapi sudah mencapai 15 meter. Selain posisi yang lebih tinggi dari permukiman warga, tanggul penahan air di kali ini juga sering jebol. Akibatnya material lumpur dari Kali Putih terus mengalir ke rumah warga.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini