Sukses

Banjir Lahar Rusak Jembatan dan Rumah

Hujan deras yang mengguyur Pulau Siau, Kabupaten Sitaro, Sulut, menyebabkan terjadi banjir lahar dari puncak Gunung Karangetang, kemarin. Luapan banjir lahar menyebabkan Jembatan Siau putus dan rumah warga ikut terhantam banjir.

Liputan6.com, Kepulauan Sitaro: Banjir lahar yang membawa material letusan Gunung Karangetang terjadi di Kali Batu Awang, Ahad (20/3). Banjir lahar terjadi akibat hujan yang mengguyur di Pulau Siau, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Banjir lahar yang membawa jutaan kubik material berupa bebatuan dan pasir menyebabkan terputusnya akses jalan serta jembatan Siau menuju Ondong, pusat pemerintahan Kabupaten Sitaro. Kondisi ini membuat warga harus berputar mengikuti jalan lingkar yang tiga kali lebih jauh.

Banjir lahar dingin juga merusak satu rumah warga. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena warga di sekitar Kali Batu Awang sudah diungsikan.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi sejak kemarin menaikkan status Gunung Karangetang menjadi awas. Guguran lava pijar dan awan panas masih terlihat dari puncak gunung api teraktif di wilayah Indonesia Timur ini. Gunung Karangetang sudah beberapa kali meletus. Terakhir kali meletus 4 Agustus 2010.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini