Sukses

Gempa 6,1 SR Mengguncang Poso

Gempa tektonik berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Poso, Suteng, malam ini. Warga sempat takut ketika merasakan getaran gempa yang tidak berpotensi tsunami itu.

Liputan6.com, Jakarta: Gempa tektonik berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (15/2) pukul 21.33 WIT. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG melalui situsnya menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa terletak pada 2,45 Lintang Selatan dan 121,49 Bujur Timur dengan kedalaman 21 kilometer dan jarak 23 kilometer arah Tenggara Kabupaten Poso. Getaran gempa juga dirasakan di Kota Palu yang berjarak 222 kilometer. Titik gempa berada di 155 km Timur Laut Palopo, Sulsel atau 207 km Barat Laut Kendari Sultra.

Sejumlah warga Poso mengaku sempat takut ketika merasakan getaran gempa yang berlangsung beberapa detik itu. "Saya sempat takut, seperti ada suara gemuruh dari gunung," kata Vivi Tamuntuan, warga Kecamatan Pamona Utara, Poso.

Vivi mengaku sempat lari keluar rumah untuk menghindari hal-hal yang membahayakannya. Beberapa saat kemudian, dia kembali masuk ke rumahnya karena situasi dianggap aman. Hingga kini, tak dilaporkan mengenai kerusakan akibat gempa bumi tektonik itu.(BOG/ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.