Sukses

Empat TKW Asal Ciamis Hilang Tanpa Kabar

Empat TKW asal Ciamis, Jabar, sudah belasan tahun tidak ada kabarnya. Pihak keluarga hanya bisa pasrah dan berharap mereka kembali dengan selamat.

Liputan6.com, Ciamis: Empat tenaga kerja wanita (TKW) asal Desa Kedungwuluh, Padaherang, Ciamis, Jawa Barat, yang bekerja di Malaysia, sudah belasan tahun tidak ada kabar beritanya. Mereka bekerja di Negeri Jiran sebagai pembantu rumah tangga. Keempat TKW tersebut adalah Enok, Nunung, Iang, dan Enung.

Ahman, suami Enung, Ahad (28/11) mengatakan, sudah beberapa tahun ia tidak mendapat kabar soal keberadaan istrinya. Beberapa teman yang dihubungi termasuk pihak yang memberangkatkan istrinya tak bisa memberikan informasi. Bahkan Ahman dilarang menghubungi istrinya dengan alasan tidak diperbolehkan majikanya. "Sejak itu saya hilang kontak dengan istri," katanya.

Menurut Dedy, Kaur Umum Desa Kedungwuluh, Ciamis, di daerah ini memang banyak warganya yang pergi menjadi tenaga kerja di Arab Saudi, Hongkong, Taiwan, dan Malaysia. Namun hilangnya TKW baru kali ini terjadi dan sebagian suami yang ditinggalkan telah nikah kembali.

Pihak desa tidak bisa membantu lebih jauh karena keluarga tidak memiliki dokumen kepergian. Sejauh ini ada empat suami yang mengaku kehilangan istrinya saat bekerja sebagai TKW di Malaysia. Mereka rata-rata hilang diatas lima tahun.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.