Sukses

Puluhan Kios Pasar Turi Ludes Terbakar

Sedikitnya 25 kios yang tidak terpakai di lantai 3 blok D dan H Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, ludes terbakar.

Liputan6.com, Surabaya: Sekitar 25 kios kosong di lantai tiga blok D dan H Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, diamuk si jago merah, Jumat (12/11) pagi. Saat itu pedagang di lantai dasar sempat dikejutkan kepulan asap di lantai tiga sebelum jilatan api muncul tak lama berselang. Para pedagang yang panik langsung berupaya menyelamatkan diri beserta barang dagangan mereka. Hanya berselang 30 menit, petugas pemadam berhasil menjinakkan kobaran api karena lokasi kantor pemadam memang berdekatan.

Kepala Dinas Kebakaran Surabaya Nursril Farok menduga kebakaran berasal dari pengelasan besi-besi pintu sorong di sejumlah kios di lantai tiga yang hendak dibongkar. Kendati demikian, sejumlah pedagang menengarai kebakaran ini sengaja dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengusir mereka pascakebakaran hebat pada 2007 silam.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pasar terbesar di Jawa Timur ini sempat mengalami kebakaran hebat tiga tahun silam. Ribuan kios ludes terbakar saat itu [baca: Pasar Turi Masih Terbakar]. Belakangan diketahui, kebakaran tersebut sengaja dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Namun, hingga kini polisi belum berhasil menangkap pelaku.

Para pedagang memilih tetap berjualan di lantai dasar. Sebab, tempat penampungan sementara (TPS) yang dibangun Pemerintah Kota Surabaya dianggap tidak layak untuk ditempati.(CHR/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini