Sukses

Belasan Gunung di Indonesia Berstatus Waspada

Secara keseluruhan ada 19 gunung di Indonesia yang bersatus waspada. Banyaknya gunung di Indonesia yang berstatus waspada merupakan hal yang wajar.

Liputan6.com, Serang: Aktivitas Gunung Anak Krakatau dalam sepekan terakhir terus mengalami peningkatan. Gunung yang terletak di kawasan Selat Sunda ini kini bersatus waspada. Warga diminta untuk tidak mendekat dalam radius dua kilometer dari gunung ini [baca: Aktivitas Gunung Anak Krakatau Terus Meningkat].

Ternyata bukan hanya Anak Krakatau, Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat kini juga berstatus waspada. Demikian juga Gunung Egon yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono, Selasa (2/11), banyaknya gunung di Indonesia yang berstatus waspada merupakan hal yang wajar. Itu karena Indonesia memiliki gunung terbanyak di dunia.

Secara keseluruhan ada 19 gunung di Indonesia yang bersatus waspada. Ke-19 gunung itu tersebar mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, Bali, hingga provinsi NTT dan Nusa Tenggara Barat. Sementara dua gunung, yakni Gunung Ibu di Maluku Utara dan Karangetang di Sulawesi Utara kini berstatus siaga. Satu gunung yang berstatus awas adalah Gunung Merapi.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.