Sukses

Luncuran Awan Panas Tak Lebih dari 10 Km

Masyarakat yang berjarak di luar sepuluh kilometer dari puncak Gunung Merapi diimbau tak panik. Luncuran awan panas diyakini tak lebih dari 10 Km.

Liputan6.com, Sleman: Luncuran awan panas letusan Gunung Merapi tidak akan lebih dari 10 kilometer dari puncak gunung. Dengan begitu masyarakat di luar jangkauan tersebut tidak perlu cemas dan panik. "Tidak akan lebih dari 10 kilometer," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Ahad (31/10).

Menurut Endah, atas rekomendasi itu maka masyarakat yang tidak berada di kawasan rawan bencana diimbau tidak panik. "Sedangkan warga yang berada di Kawasan Rawan Bencana III dan II yang jaraknya kurang dari 10 kilometer diminta untuk tetap berada di barak pengungsian dan tidak kembali ke rumah dulu," ujar Endah.

Endah mengatakan, jumlah korban meninggal dunia akibat letusan Gunung Merapi menjadi 37 orang. Satu korban meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) DR Sardjito Yogyakarta bernama Ny Ratmi warga Umbulharjo Cangkringan. "Sebelumnya korban sempat mengalami kritis akibat luka bakar yang dideritanya," kata Endah.(ULF/Ant)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini