Sukses

Status Gunung Egon Jadi Waspada

Aktivitas vulkanik Gunung Egon di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, kembali meningkat. Kini, statusnya menjadi waspada atau level II.

Liputan6.com, Sikka: Status Gunung Egon di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, berubah menjadi waspada atau level II. Hal ini disebabkan terus meningkatnya aktivitas vulkanik di gunung berapi tersebut, Jumat (29/10). Kini, tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi Bandung, terus memantau aktivitas Gunung Egon dari jarak enam kilometer.

Sekalipun aktivitas Gunung Egon belum berdampak pada kehidupan warga, petugas pos pemantau mengingatkan penduduk yang bermukim di sekitarnya untuk selalu waspada. Sebelumnya, gunung ini pernah meletus pada 2005, 2006 dan 2008, yang mengakibatkan warga harus mengungsi.

Selain Gunung Egon, dua gunung berapi lainya juga dalam pengawasan petugas Pos Pemantau Maumere. Yakni, Lere Boleng dan Lewotobi yang berada di Kabupaten Flores Timur, NTT.(APY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.