Sukses

Sebagian Warga Pasuruan Hari Ini Mulai Puasa

Sebagian kecil warga di Pasuruan, Jatim, kemarin malam telah melaksanakan tarawih bersama. Mereka meyakini jatuhnya awal Ramadan pada hari ini berdasarkan hisab sesuai kitab yang dianut secara turun termurun.

Liputan6.com, Pasuruan: Meski pemerintah belum menentukan secara resmi awal Ramadan, puluhan warga Desa Keputran, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (9/8) malam, telah melaksanakan ibadah salat tarawih. Ini berarti hari ini mereka telah menjalankan puasa pertama.

Keyakinan mereka ini didasarkan hisab dan ketentuan Kitab Natijatul Niqot yang ditulis Syech Marzuki Al Maliki serta Kitab Wailatul Tulab dan Undatu Tulab milik Syech Ibnu Yahya bin Muhamad Al Maliki. Ketiga kitab itu selama ini telah menjadi pedoman bagi warga sekitar untuk menentukan awal Ramadan.

Menurut salah satu ulama setempat, pelaksanaan salat tarawih kemarin malam berdasarkan keyakinan yang diturunkan para leluhur. Keyakinan itu hanya dianut kelompok kecil di Desa Keputran.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini