Sukses

Siswa Baru Berdandan ala Orang Gila

Tahun ajaran baru sudah dimulai. Berbagai peristiwa menarik mewarnai hari pertama masuk sekolah, di antaranya masa orientasi siswa atau MOS.

Liputan6.com, Parepare: Setelah libur panjang, hari ini adalah awal dimulainya tahun ajaran baru sekolah di penjuru Tanah Air. Berbagai peristiwa menarik mewarnai hari pertama masuk sekolah di antaranya masa orientasi siswa atau MOS.

Para siswa baru di Sekolah Menengah Umum Negri 1 Parepare, Sulawesi Selatan, mengikuti MOS dengan berdandan seperti orang gila, Senin (12/7). Mereka diwajibkan memakai papan nama dari kertas karton yang dikalungkan di leher. Kemudian bagi siswa perempuan diharuskan menguncir rambut dengan diikat tali rafia. Tak hanya itu, mereka juga mesti memakai tas kresek untuk membawa buku dan alat salat serta sapu lidi.

Suasana berbeda tampak di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Parepare. Murid baru masih mengenakan seragam sekolah dasar yaitu putih merah. Karena masih baru, ada saja murid yang tak mau berpisah dengan orangtuanya.

Di Bandung, Jawa Barat, orang tua murid baru Sekolah Dasar Negeri Karya Mulya, Kecamatan Ngamprah, terpaksa masuk ke dalam kelas karena sang anak tak mau ditinggalkan sendiri. Pihak sekolah memang mengizinkan para orang tua untuk membantu mempercepat proses adaptasi sang anak. Proses adaptasi murid baru diperkirakan berlangsung sepekan. Selanjutnya meraka tak perlu lagi ditunggu orang tuanya.(BJK/IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini