Sukses

Ratusan Rumah di Sidrap Terendam

Ratusan rumah di Kelurahan Wetae, Sidrap, Sulsel, terendam banjir. Akibat banjir warga terisolir dan kekurangan makanan serta air bersih.

Liputan6.com, Sidrap: Sekitar 400 rumah di Desa Watae, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, terendam banjir setinggi tiga meter, Selasa (6/7). Banjir terjadi akibat air Danau Sidenreng meluap setelah lebih dari sepekan hujan tak hentinya mengguyur kawasan tersebut.

Akibat banjir lebih dari 1.400 warga di desa itu terisolir. Rata-rata warga memilih tinggal di rumah masing-masing karena khawatir tenggelam. Hal ini membuat warga kesulitan memperoleh makanan dan air bersih. Sampai sekarang Pemerintah Kabupaten Sidrap belum memberikan bantuan makanan dan obat-obatan.

Banjir juga terjadi Kabupaten Labuhan Batu, Sumatra Utara. Selain merendam ratusan rumah warga, banjir juga merendam jalan lintas antarprovinsi yang menghubungkan Kota Medan dan Kota Negeri Lama. Kondisi ini membuat aktivitas warga lumpuh. Ribuan hektare perkebunan sawit dan karet warga menjadi gagal panen karena banjir. Hingga saat ini belum ada penanganan dari pemerintah setempat.

Sedangkan di Konawe, Sulawesi Tenggara, luapan air Sungai Konaweha mengakibatkan ratusan hektare sawah di Desa Sulemandara dan Ambulano terendam banjir. Untuk mencegah kerusakan pada tanaman, sejumlah petani yang tanamannya terendam banjir terpaksa memanen lebih awal.(IAN/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini