Sukses

Jenazah Gesang Disemayamkan di Balaikota

Jenazah Gesang akan disemayamkan hingga pukul 14.00 WIB. Ini untuk memberi kesempatan kepada masyarakat menyampaikan penghormatan terakhir kepada pencipta lagu Bengawan Solo.

Liputan6.com, Surakarta: Jenazah Gesang Martohartono akan dimakamkan di pemakaman keluarga Pracimoloyo, Pajang, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (21/5) sore. Sebelumnya, jenazah Gesang akan terlebih dahulu disemayamkan selama empat jam di Balaikota Surakarta, mulai pukul 10.00 WIB.

Informasi yang diperoleh SCTV menyebutkan, jenazah Gesang akan disemayamkan hingga pukul 14.00 WIB. Ini untuk memberi kesempatan kepada masyarakat menyampaikan penghormatan terakhir kepada pencipta lagu Bengawan Solo. Baru pada pukul 14.30 WIB, jenazah Gesang dibawa ke pemakaman.

Gesang lahir di Surakarta, 1 Oktober 1917. Pada usia 23 tahun, dia menciptakan lagu Bengawan Solo, yang belakangan sangat terkenal sampai ke luar negeri, terutama di Jepang. Bahkan, lagu tersebut sempat dipakai dalam salah satu film layar lebar di Negeri Sakura.

Sebagai rasa hormat, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri tadi pagi melayat ke kediaman Gesang. Dia menyebut Gesang sebagai orang yang berjasa dalam mempererat hubungan Jepang-Indonesia, terutama dalam bidang kebudayaan. "Lagu Bengawan Solo membuat kami merasa dekat dengan Indonesia," kata Kojiro.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.