Sukses

Beberapa Daerah Masih Tergenang Banjir

Banjir masih terjadi di beberapa kawasan di Indonesia. Di Padang, Sumatera Barat, ratusan rumah terendam banjir hingga tiga meter sehingga ratusan orang harus dievakuasi. Banjir juga terjadi di di Kabupaten Tanah Kumbu, Kalimantan Selatan, dan beberapa kawasan di Semarang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Padang: Banjir masih terjadi di beberapa kawasan di Indonesia. Di Padang, Sumatera Barat, ratusan rumah terendam banjir hingga tiga meter sehingga ratusan orang harus dievakuasi.

Banjir yang merendam sebagian besar wilayah kota padang ini terjadi setelah hujan deras menguyur terus menerus kota itu. Daerah terparah adalah di Kecamatan Koto Tangah akibat meluapnya Sungai Batang Kadis. Ketinggian air yang mencapai 3 meter menenggelamkan ratusan rumah sehingga memaksa ratusan warga mengungsi. Untuk mengevakuasi warga, tim SAR menurunkan 10 unit perahu karet di beberapa titik terparah.

Banjir besar juga terjadi di Kabupaten Tanah Bambu, Kalimantan Selatan. Banjir terjadi setelah hujan deras yang mengguyur kawasan ini membuat air Sungai Kusan meluap. Akibatnya ratusan rumah warga di 25 desa di empat kecamatan pun terendam banjir. Tak hanya rumah warga, seluruh sekolah di kawasan Kusan Hulu terpaksa diliburkan karena gedung sekolah juga terendam banjir. Banjir kali ini adalah yang kedua kalinya terparah sepanjang 2010 ini.

Di Semarang, Jawa Tengah, hujan lebat yang mengguyur mengakibatkan banjir di sejumlah tempat. Di antaranya SD Negeri Dadapsari 1-2 tergenang banjir. Aktifitas belajar mengajar di sekolah ini pun diliburkan karena akses dari jalan raya ke sekolah tertutup air. Selain sekolah, banjir ini juga mengenangi kawasan pemukiman warga di Jalan Kakap hingga masuk dalam rumah. Meski demikian warga belum berkeinginan untuk mengungsi.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.