Sukses

Petani dan Polisi Bentrok, 15 Orang Cedera

Bentrok terjadi saat para petani berunjuk rasa di perkebunan tebu Cinta Manis di Kabupaten Ogan Ilir. Korban terluka akibat tembakan dan bacokan.

Liputan6.com, Ogan Ilir: Sebanyak 15 orang cedera akibat tembakan dan bacokan menyusul bentrokan antara Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Sumatra Selatan dan ratusan petani yang berunjuk rasa di perkebunan tebu Cinta Manis, Kecamatan Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel. Dalam peristiwa yang terjadi Jumat (4/12) itu, pengunjuk rasa juga merusak dan membakar peralatan berat, rumah karyawan, dan gudang pupuk milik pabrik gula Cinta Manis.

Unjuk rasa tersebut adalah kelanjutan dari aksi protes sebelumnya yang dilakukan oleh warga Desa Rengas Satu dan dua desa lain di Kecamatan Payaraman. Warga memprotes atas klaim lahan seluas 1.500 hektare yang ditanami tebu oleh pihak PT Perkebunan Nusantara VII. Warga mengklaim lahan itu milik mereka, namun dirampas oleh pihak PTPN VII sejak 27 tahun silam.

Para warga yang terluka dilarikan ke Rumah Sakit Umum Muhammad Husein. Pihak kepolisian membenarkan adanya insiden penembakan tersebut. Menurut polisi, langkah itu terpaksa dilakukan setelah para pengunjuk rasa berbuat anarkis dengan merusak fasilitas milik PTPN VII bahkan mencederai tiga karyawan. Hingga malam ini, suasana masih mencekam dan polisi masih mengamankan lokasi. Selengkapnya, simak dalam video.(TES/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini