Sukses

Warga Kota Saumlaki Sempat Panik

Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter sempat membuat panik warga Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Hingga tengah malam, banyak warga memilih bertahan di luar rumah.

Liputan6.com, Saumlaki: Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter sempat membuat panik warga Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku, Sabtu (24/10) malam. "Panik karena getaran sangat kencang," tutur Alo W., salah seorang warga kawasan Seira Adaut, Saumlaki, saat dihubungi via telepon oleh Liputan6.com.

Menurut Alo, saat itu mereka berlari berhamburan keluar rumah. Apalagi, sebagian Kota Saumlaki sedang terkena pemadaman listrik bergilir sejak sore hari. Sementara hingga pukul 01.00 WIT, banyak warga yang masih bertahan di luar rumah karena khawatir adanya gempa susulan.

Seperti diberitakan sebelumnya, BMKG menginformasikan gempa 7,3 SR yang menggoyang Saumlaki pada pukul 23.40 WIT atau 21.40 WIB berpotensi tsunami. Pusat gempa sekitar 209 kilometer barat laut Saumlaki. Namun, BMKG telah mencabut peringatan tsunami tersebut [baca: BMKG Cabut Peringatan Tsunami di Maluku].

Untuk diketahui Saumlaki berpenduduk sekitar 156 ribu jiwa. Saumlaki adalah sebuah kota kecil yang terletak di selatan Kepulauan Maluku. Letak Saumlaki tepatnya berada di Pulau Yamdena yang merupakan bagian dari Kepulauan Tanimbar. Dari Kota Ambon menuju Saumlaki dibutuhkan perjalanan laut sekitar semalam.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini