Sukses

Gempa Vulkanik Kerap Terjadi di Dieng

Pascasemburan lumpur di Kawah Sileri, Gunung Dieng, Banjarnegara, Jateng, masih terjadi beberapa kali gempa vulkanik. Lantaran dinilai cukup berbahaya, pengunjung dilarang mendekati kawah dalam radius 500 meter.

Liputan6.com, Banjarnegara: Berdasarkan pemantauan dari pos pengamatan gunung berapi Dieng di Karang Tengah, Banjarnegara, Jawa Tengah, sejak Ahad silam, gempa vulkanik masih terus terjadi setiap 15 hingga 20 detik sekali. Sementara semburan lumpur setinggi dua meter serta asap solfatara juga masih terlihat menggumpal di atas Kawah Sileri.

Hingga Selasa (29/9), belum terdeteksi gas beracun yang membahayakan di sekitar lokasi erupsi. Namun karena dinilai cukup berbahaya, pengunjung dilarang mendekati kawah dalam radius 500 meter. Pemantauan secara intensif juga masih terus dilakukan guna mengevaluasi kegiatan Gunung Dieng [baca: Walau Aktif, Status Gunung Dieng Masih Normal]. Selengkapnya simak video berita ini.(UPI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini