Sukses

Wakil Bupati Mentawai Bantah Jual Pulau

Wakil Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet membantah kabar bahwa Pemkab Kepulauan Mentawai telah menjual pulaunya. Tiga pulau yang diisukan dijual yakni Makaroni, Siloinak, dan Kandui. Iklan penjualan pulau itu dilakukan melalui situs internet Privateislandsonline.com.

Liputan6.com, Mentawai: Isu penjualan tiga pulau yakni Makaroni, Siloinak, dan Kandui di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, mencuat. Kabar ini segera memancing bantahan dari Wakil Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet. Menurut Yudas, Pemkab Kepulauan Mentawai tidak pernah menjual pulaunya. Ia menuding iklan di dunia maya itu dibuat para pengelola resor yang kehabisan modal. Iklan penjualan ketiga pulau itu dimuat di situs Privateislandsonline.com yang berbasis di Kanada.

Meski begitu Yudas mengakui pemerintah daerah memberikan izin tempat pengelolaan resor kepada orang asing di beberapa pulau di daerah itu. Penjelasan ini disampaikan Yudas kepada Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi saat dimintai penjelasannya soal isu penjualan ketiga pulau itu, Rabu (27/8).

Saat ini di Mentawai terdapat enam resor di beberapa pulau yang dikelola orang asing. Di antaranya di Pulau Sipora, Sikakap, Pagai Utara, dan di Pulau Siberut. Sementara keuntungan bagi pemerintah daerah yaitu pungutan pajak serta penjualan suvenir.

Masalah penjualan ketiga pulau sempat dibantah pula oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi. Freddy mengakui adanya kesalahan perizinan pembangunan penginapan di pulau-pulau itu [baca: Menteri Kelautan Bantah Tiga Pulau Dijual].(AIS/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini