Sukses

Guruh: Kongres PDIP Langgar Anggaran Dasar

Guruh Soekarnoputra memprotes pelaksanaan Kongres III PDIP di Bali. "Kongres tersebut melanggar anggaran dasar sehingga saya (memilih) tidak datang," tutur Guruh.

Liputan6.com, Sanur: Di tengah hingar bingar Kongres III PDI Perjuangan di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, ternyata ada suara protes terhadap pelaksaan kongres itu.

Protes tak lain datang dari Guruh Soekarnoputra, yang memilih tidak menghadiri kongres meski tengah berada di Bali. "Kongres tersebut melanggar anggaran dasar sehingga saya (memilih) tidak datang," tutur Guruh ketika jumpa pers di Segara Village Sanur, Selasa (6/4).

Salah satu masalah yang disorot Guruh adalah tata cara pemilihan Ketua Umum PDIP  yang menurutnya tak sesuai anggaran dasar. Guruh menjelaskan, menurut anggaran dasar, pemilihan Ketua Umum PDIP seharusnya dimulai jenjang yang paling bawah. "Dari anak ranting, ranting, kemudian naik terus ke atas...tapi ini dipangkas, dimulainya dari PAC (Pengurus Anak Cabang)." tutur Guruh. "

Guruh menegaskan tak setuju dengan wacana dipilihnya kembali Megawati Sukarnoputri menjadi Ketua Umum PDIP secara aklamasi. Menurut data yang beredar di arena kongres, 395 Konfercab memilih Megawati untuk kembali menjadi orang nomor satu di PDIP. Sementara hanya empat cabang yang memilih Guruh Sukarnoputra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini