Sukses

Mandiri Economic Forum untuk Perekonomian Indonesia

Sebagai bentuk dukungan terhadap perekonomian In agar bisa bersanding dengan negara-negara berkembang terbesar di dunia saat ini, Bank Mandiri menggelar Mandiri Economic Forum (MEF) di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Prestasi Indonesia sebagai salah satu negara berkembang di dunia sudah sepatutnya disandingkan dengan kelompok empat negara berkembang terbesar saat ini seperti Brasil, Rusia, India, dan Cina (BRIC). Bank Mandiri pun ikut mendukung dengan langkah dan strategi yang diperlukan ke depan, antara lain dengan menggelar Mandiri Economic Forum (MEF) di Jakarta, 2 November lalu.

Kegiatan yang bertemakan "Indonesia The Next `I` in BRICI?" itu menghadirkan pembicara Professor Ekonomi dari Universitas Kolombia, Amerika Serikat, Xavier Sala-i-Martin, Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo, dan Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar. Sekitar 250 peserta dari berbagai kalanganmengikuti kegiatan tersebut, untuk menggali ide dan pemikiran guna meningkatkan kapasitas pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tujuannya, Indonesia bisa segera bergabung dengan kelompok BRIC.

"Bank Mandiri bersinergi untuk meningkatkan persaingan dan meningkatkan laju perekonomian Indonesia serta memberi nilai tambah dalam arti adanya pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini dalam tayangan Usaha Anda, Sabtu (6/11).

Menurut Menkeu Agus Martowardojo, kegiatan itu bisa menjalin komunikasi antara pemerintah dengan sektor riil dan industri keuangan, untuk menyampaikan dukungan dan penjelasan tentang bagaimana optimisme untuk melihat perekonomian Indonesia ke depan. "Dengan berbagai keunggulan Indonesia, seperti skala ekonomi domestik yang besar, pendapatan per kapita yang semakin meningkat, dan sumber daya alam yang melimpah, sangat mendukung agar bisa setara dengan negara-negara BRIC lainnya," katanya.

Dikatakan Menkeu, peringkatan Indonesia dalam indeks daya saing global adalah 44 atau lebih tinggi dibandingkan negara-negara BRIC lainnya.

"Kita bisa menyampaikan pesan bahwa sangat mempunyai potensi untuk menjadi negara yang besar sekali dalam masalah perekonomian karena kita memiliki stabilitas politik dan makro ekonomi juga," kata Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Gita Wirjawan.

Seorang peserta kegiatan menilai bahwa seminar tersebut sangat baik bagi para pengusaha, untuk mencari solusi untuk usaha-usaha mereka.(MRQ)


PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk.
Jl, Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38
Jakarta 12190 Indonesia
Telepon  : 14000, +62-21-52997777
Faksimile: +62-21-52997735

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.