Sukses

Nokia Life Tools Bantu Samaratakan Penyebaran Informasi

Kebutuhan informasi yang cepat dan akurat kini bisa dinikmati segala lapisan masyarakat. Untuk itu, Nokia perkenalkan layanan Nokia Life Tools untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Kebutuhan akses informasi yang cepat dan akurat kini tidak hanya milik masyarakat perkotaan. Tapi juga menjadi kebutuhan masyarakat pedesaan. Untuk itu, Nokia menawarkan solusi baru yakni Nokia Life Tools (NLT), layanan berbasis pesan singkat (SMS) pada masyarakat Indonesia mengenai pertanian, pendidikan, dan hiburan. Menurut Country Manager Nokia Indonesia Bob McDougall layanan tersebut sangat membantu seluruh lapisan masyarakat di Tanah Air. "Hal ini karena melihat lebih dari separuh populasi tergantung dari hasil agrikultural, sehingga tepat jika menggunakan NLT," kata Bob.

Untuk pertanian, layanan NLT mengulas informasi lengkap seputar pertanian seperti pembibitan, pupuk, pestisida, penyemprotan, harga hasil pertanian, info cuaca seperti suhu, curah hujan dan kondisi angin, serta beragam tips seputar pertanian. Dan informasi yang tersaji dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing pengguna. Contohnya petani yang butuh harga jual beras akan mendapatkannya sesuai mekanisme harga di pasar terdekat di wilayahnya. Hal tersebut dimungkinkan karena pengguna diminta memasukkan kode pos, sehingga seluruh informasi terkait dengan wilayah kode pos tersebut dapat tercakup.

Sebab menurut ahli agronomi Dr. Muhamad Syukur, SP, MS. petani butuh informasi terkini yang spesifik tentang teknologi budidaya yang standar. "Informasi cuaca penting bagi petani, sebab bisa menentukan waktu menanam dan cara mengatasi serangan hama dan penyakit," kata Syukur. Selain itu, dengan NLT bisa melihat informasi pasar. "Petani bisa menentukan produk yang akan ditanam serta produk yang diinginkan pasar," tambah Syukur.

Hal tersebut seperti yang dialami oleh petani Dusun Cicadas, Karawang, Jawa Barat, Talim Bin Oman. "Sejak saya pakai NLT, hasil panen padi saya meningkat, karena banyak tips-tipsnya yang berguna. Terus saya kalo mau menjual padi saya, tidak mudah tertipu karena saya sudah cek duluan harganya," kata Talim. 

Sementara untuk bidang pendidikan, NLT menawarkan bermacam menu seperti belajar Bahasa Inggris, pengetahuan umum, serta soal tanya jawab untuk persiapan menempuh ujian bagi tingkat sekolah menengah pertama maupun atas. "Pake NLT ini, belajar saya lebih mudah, menyenangkan. Terus, kalau misalnya saya lupa dengan soal-soal yang tadi saya isi, saya bisa mengulangnya. Jadi saya lebih mudah menghafal pelajaran juga. Pokoknya berguna banget," kata Monika Silviani, siswi SMPN 1 Telagasari, Karawang.

Kemudian menu hiburan berisi berita nasional, olah raga dan infotainment, astrologi, info film, dan masih banyak lagi. Untuk mengaksesnya mudah, kita tidak perlu menggunakan sistem General packet radio service (GPRS), cukup dengan SMS dan pengguna akan dikirim informasi dengan tarif Rp 1.000 per hari, dan dalam satu hari, pengakses layanan NLT akan dikirim SMS sebanyak dua kali pada pagi dan sore hari.

Layanan tersebut dapat diakses di Nokia seri 2323 classic, 2330 classic, dan 2700 classic. Diharapkan dengan adanya layanan Nokia Life Tools, pengguna lebih percaya diri membangun masa depan yang baik. "Mendapat informasi yang benar, hemat waktu dan biaya, serta memberi banyak pengetahuan," kata Bob McDougall.(BJK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini