Sukses

Jurus Sepatu Bogor Redam Dominasi Cina

Sekitar 90 persen warga Kampung Sindang Barang, Kecamatan Taman Sari, Bogor, Jabar, bekerja sebagai perajin sepatu. Meski diterpa berbagai kendala, para perajin bertekad menjalankan usahanya sambil berupaya meningkatkan mutu produk.

Liputan6.com, Bogor: Kota Bogor selain terkenal dengan wisata kulinernya juga telah lama termasyhur sebagai sentra produsen tas dan sepatu terbesar di Jawa Barat. Salah satunya terletak di perkampungan Sindang Barang, Kecamatan Taman Sari. Sekitar 90 persen warganya menggeluti profesi sebagai perajin sepatu dan menjalankan usahanya secara turun-temurun.

"Kualitas di sini lumayan bagus. Cuma kalau dibandingkan sama luar negeri mungkin kalah. Soalnya di sini terbentur harga," ucap Anton, satu di antara pengusaha sepatu di Kampung Sindang Barang. Namun bagi Anton dan pengusaha lainnya, itu tidak menjadi masalah karena mereka menyiasatinya dengan memperkaya model dan meningkatkan kualitas.

Namun nampaknya upaya itu belum cukup. Menurut pria asli Bogor ini banyak usaha sepatu yang gulung tikar lantaran krisis ekonomi global. Meski begitu, sebagian warga masih bertahan. "Sekarang ekonomi susah, bahan baku lebih mahal, penjualan minim. Kalau cari keuntungan sama sekali sulit. Kadang kita ada modal sedikit diputar saja," ujar Surya, perajin lainnya.

Meski diterpa berbagai kendala, para perajin tetap bertekad menjalankan usaha sepatunya sambil berupaya meningkatkan mutu produk. Itu mereka lakukan semata-mata untuk terus melanjutkan hidup sembari mempertahankan warisan yang sudah dititipkan dari generasi terdahulu. Warga pun yakin produk buatan mereka mampu bersaing dengan mutu luar negeri.(YNI/ANS)

Sentra Pembuatan Sepatu
Kampung Sindang Barang, RT 02/02
Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari
Bogor, Jawa Barat

Kontak personal: Anton
Telepon: (0251) 8486361
Telepon seluler: 0857 8147 9433

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini