Sukses

Hari Terakhir Pelaksanaan Jumrah

Pelaksanaan jumroh di Mina Arab Saudi memasuki hari terakhir. Tempat melontar jumrah di Mina alias Jamarat pun dipenuhi jamaah.

Liputan6.com, Makkah: Pelaksanaan jumroh di Mina Arab Saudi memasuki hari terakhir. Tempat melontar jumrah di Mina alias Jamarat pun dipenuhi jamaah yang akan menuntaskan jumrah terakhir. Jumrah ini merupakan simbolisasi dari melempar setan.

Jamarat memang didisain memiliki lima lantai. Kini, di lantai paling atas disediakan kanopi untuk melindungi jamaah dari sengatan matahari.

Dari pantauan udara Tim Liputan SCTV, Kamis (18/11), nampak aliran manusia bergerak mengikuti arus menuju jamarat. Jutaan jamaah terpecah dalam kerumunan di lantai berbeda. Namun lantai dasar terlihat paling padat karena inilah akses termudah bagi jamaah dari tenda pemukiman haji. Jamaah tak perlu lagi menaiki eskalator.

Masjidil Haram yang berjarak sekitar lima kilometer dari lokasi jamarat di Mina juga dipadati jamaah yang melaksanakan umroh haji. Konsentrasi jamaah terutama di sekitar Ka'bah. Mereka melaksanakan thawaf atau memutari Baitullah sebanyak tujuh kali.

Sementara, mega proyek perluasan masjid tampak di sekeliling Masjidil Haram. Bukit Cadas seluas 23 hektar diruntuhkan dan di sini akan dibangun super blok yang terdiri dari hotel, apartemen, dan pusat perbelanjaan bagi jamaah haji. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.