Sukses

RS Khusus Gajah Dibangun di Indonesia

Untuk kebutuhan RS Gajah dibutuhkan dana sebesar Rp 20 miliar. Dibangun di Way Kambas, Lampung.

Liputan6.com, Way Kambas: Indonesia dan Australia membangun rumah sakit satwa gajah pertama di dunia yang berlokasi di Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Direktur Lembaga Konservasi "eks-situ" (di luar habitat) Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor Tony Sumampau mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan RS Gajah dan sarana pendukungnya itu akan dilakukan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pada Selasa (31/1) besok di Taman Nasional Way Kambas.

Pembangunan RS Gajah itu, kata Tony, merupakan kerja sama antara TSI, "Australia Zoo", dan Kementerian Kehutanan. "Kemenhut menyediakan lahan seluas 100 hektare, sedangkan dana pembangunannya disediakan TSI dan 'Australia Zoo'," katanya.

Untuk kebutuhan RS Gajah dibutuhkan dana sebesar Rp 20 miliar. Ditargetkan bisa diselesaikan dalam waktu 1,5 tahun sejak peletakan batu pertama.

"Untuk tahap awal pembangunannya sudah tersedia Rp 10 miliar, dan sisanya akan dialokasikan sambil berjalan prosesnya," kata Tony Sumampau yang juga Koordinator Forum Konservasi Satwa Liar Indonesia (Foksi) itu.

Ia menjelaskan, menurut data badan konservasi alam dunia IUCN, gajah di Indonesia masuk dalam kategori sangat terancam punah sehingga keberadaan RS Gajah itu menjadi relevan. "Dalam banyak kasus pada konflik antara manusia dan satwa, termasuk pada lahan perkebunan, terjadi gajah yang luka dan memerlukan perawatan," katanya.

Menurut dia, RS Gajah itu ke depannya juga akan menjadi lembaga penelitian mengenai satwa lain.

Sementara itu, menjelang peletakan batu pertama pembangunan RS Gajah itu, Manajer "Australia Zoo" Laurie Pond bersama jurnalis anggota Foksi ikut melihat pusat pelatihan gajah di Taman Nasional Way Kambas.(Ant/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.