Sukses

GKR Bendara Melakukan Plangkahan

Plangkahan adalah proses awal dari rangkaian acara pernikahan. Ini dilakukan GKR Bendara menikah terlebih dahulu mendahului kakaknya.

Liputan6.com, Yogyakarta: Putri bungsu Sultan Hamengku Bowono X, GKR Bendara yang akan menikah dengan KPH Yudanegara, menjalani plangkahan, Ahad (16/10). Dia belum boleh bertemu dengan calon suaminya meski KPH Yudanegara sudah nyantri di keraton.

Plangkahan adalah proses awal dari rangkaian acara pernikahan. Ini dilakukan GKR Bendara karena dia menikah terlebih dahulu mendahului kakaknya, GRAj Nur Abrajuwita. Sebagaimana lazimnya tradisi Jawa, GKR Bendara harus melakukan plangkahan. Artinya melangkahi atau mendahului sang kakak.
 
GKR Bendara harus meminta izin menikah terlebih dahulu kepada kakaknya di Keraton Kilen. Acara kemudian dilanjutkan dengan memberikan seperangkat pakaian lengkap kepada sang kakak yang disaksikan kedua orangtua dan keluarga.
 
Selanjutnya GKR Bendara memohon izin kepada kedua orangtuanya untuk tinggal di Keputren. Dia siap memulai proses rangkaian pernikahan.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini