Sukses

Film Epik Sejarah "Soegijapranata" Segera Hadir

Film epik sejarah tokoh "Soegijapranata" yang berkisah tentang perjuangan Monsinyur Albertus Soegijapranata, Uskup Agung pertama dari kalangan pribumi itu bakal segera dibuat. Biayanya diperkirakan mencapai Rp 12 miliar.

Liputan6.com, Semarang: Film epik sejarah tokoh "Soegijapranata" yang berkisah tentang perjuangan Monsinyur Albertus Soegijapranata, Uskup Agung pertama dari kalangan pribumi itu bakal segera dibuat. Biayanya diperkirakan mencapai Rp 12 miliar.

"Dana sebesar itu sudah termasuk promosi, kalau untuk produksi saja mungkin sekitar delapan sampai sembilan miliar rupiah," kata FX. Murti Hadi Wijayanto SJ, anggota tim produser dan tim kreatif film Soegijapranata, di Semarang, Sabtu (13/8) malam.

Menurut FX Murti Hadi SJ, Monsinyur Soegijapranata adalah tokoh besar yang ikut berperan melawan penjajah, meski ketika itu gereja Katolik diidentikkan dengan gerejanya orang Belanda. Tapi dari kondisi itulah, Soegijapranata berani 'keluar' dari kekatolikannya demi membantu rakyat melawan penindasan, baik dari Belanda maupun Jepang. Perjuangannya ini membuktikan dirinya sebagai orang Indonesia sejati.

Film Soegijapranata disutradarai Garin Nugroho. Menurut Garin, gagasan membuat film ini telah muncul 2-3 tahun silam dan baru dimatangkan sekitar enam bulan lalu. Film dengan durasi 1,5 jam ini berseting tahun 1940-49 dengan latar situasi dan kondisi kota Semarang, Yogyakarta, Solo dan Klaten. Tokoh-tokoh nasional seperti Soekarno dan Jenderal Soedirman masuk dalam cerita ini.

Pesan yang akan diusung dalam film Soegijapranata adalah soal multikulturalisme dan nasionalisme. Sangat jarang ada tokoh agama yang mengemban tugas membina umat, memiliki pandangan ke-Indonesiaan begitu luas.

Produksi film Soegijaprana akan mulai dikerjakan pertengahan Oktober 2011 dan peluncurannya dijadwalkan mulai April 2012. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.