Sukses

Pasar Buku Bekas Dibanjiri Konsumen

Menjelang dimulainya tahun ajaran baru, sejumlah orangtua dan siswa terlihat memadati pusat penjualan buku pelajaran bekas di Pasar Senen, Jakpus. Harga yang lebih murah menjadi alasan mereka ke tempat ini.

Liputan6.com, Jakarta: Pusat penjualan buku pelajaran bekas di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Ahad (10/7), dipadati sejumlah orantua dan siswa. Mereka mencari buku-buku pelajaran lantaran tahun ajaran baru segera dimulai.

Mereka memilih tempat ini karena harganya lebih murah dibandingkan di pasar modern. "Sebenarnya tidak harus baru, yang penting isinya sama. Terus harganya juga jauh lebih murah," kata Muwaroh, siswa SMA.

Hal senada juga disampaikan Karmi. "Di Gramedia harganya satu buku Rp 25 ribu, disini satu paket ada lima buku harganya Rp 10 ribu," ucap Karmi. Juanda, penjual buku bekas, mengatakan, selain harganya murah, buku pelajaran bekas yang dijualnya masih cukup baik untuk dibaca.

Pemandangan serupa juga terlihat di Pasar Sore, Tegal, Jawa Tengah. Para pedagang mengaku omzet mereka melonjak drastis hingga 300 persen.(ADI/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.