Sukses

TKI di Malaysia Dinyatakan Aman

Pascaunjuk rasa besar-besaran di Malaysia yang diwarnai kerusuhan, para TKI yang berada di negara tersebut masih dinyatakan aman. Namaun, mereka diminta untuk menjauh dari titik kerusuhan.

Liputan6.com, Jakarta: Dita Indah Sari menyatakan para tenaga kerja Indonesia atau TKI yang bekerja di Malaysia kondisinya aman pascaunjuk rasa besar-besaran di negara tersebut. Sebab, kebanyakan para TKI tinggal dan bekerja di wilayah perumahan yang relatif jauh dari wilayah kerusuhan di kawasan pusat kota. "Kami optimis tidak terjadi apa-apa karena sudah dikondisikan dengan baik," kata Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu di Jakarta, Ahad (10/7).

Meski demikian, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia meminta para warga Indonesia dan TKI agar menjauhi titik kerusuhan. Mereka juga diminta tetap menjalin komunikasi dengan kedutaan dan rekan sesama warga Indonesia.

Kemarin, unjuk rasa yang digelar puluhan ribu orang dari kubu oposisi di Kuala Lumpur berujung bentrokan. Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa yang mencoba bergerak menuju Stadion Merdeka, Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Tak hanya itu, polisi juga menangkap ratusan pengunjuk rasa yang melawan. Lebih dari 924 orang ditahan.

Unjuk rasa ini digelar kelompok yang menamakan diri Koalisi Bersih. Mereka menuntut dilakukannya reformasi pemilu Malaysia yang adil dan transparan.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini