Sukses

Merawat Tradisi Bersama Saung Palakali

Bosan ke mal? Tak ada salahnya jika anda membawa putra-putri Anda ke Saung Palakali di Depok, Jawa Barat, untuk belajar membuat mainan tradisional.

Liputan6.com, Depok: Bosan ke mal? Tak ada salahnya jika Anda membawa putra-putri ke Saung Palakali di Depok, Jawa Barat, untuk belajar membuat mainan tradisional.

Dengan penuh kesabaran sang intruktur mengajari anak-anak membuat kincir angin dari daun kelapa atau janur. Anak-anak pun saksama mendengarkan sambil meniru apa yang diinstruksikan. Sesekali mereka juga dibantu sama pembimbingnya. Setelah lipat sana lipat sini, jadilah kincir angin dari janur.

Selain memanfaatkan bahan-bahan dari alam, anak-anak juga diajari mengolah barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai seni. Misalnya, boneka atau roket-roketan.

Di Saung Palakali, anak-anak juga diperkenalkan pada beragam permainan tradisional yang kini mulai ditinggalkan seperti gasing, suling bambu, dan egrang. Di balik ini semua, ada banyak nilai yang diajarkan; mulai dari kejujuran, sportifitas, hingga kegotongroyongan.

Nah, untuk yang ingin menyalurkan hobi melukis, Saung Palakali juga menfasilitasinya dengan perlengkapan melukis seperti crayon atau cat air. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini