Sukses

Mengais Butiran Beras

Di tengah mahalnya harga beras, sejumlah orang mencoba peruntungan dengan memanfaatkan sisa-sisa butiran beras yang tercecer di Pasar Beras Cipinang, Jaktim. Beras yang mereka kumpulkan kemudian dijual kembali.

Liputan6.com, Jakarta: Berbekal sapu lidi, pengki, dan plastik, Mamah mengumpulkan butir-butir beras di Pasar Beras Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (9/7). Tak hanya Mamah, ada sejumlah ibu-ibu lain di pasar ini yang melakukan hal serupa.

Mereka sibuk mengais satu persatu beras yang tercecer di sela-sela kesibukan para kuli menurunkan dan menaikan karung-karung beras. Tak mengherankan, jika beras yang didapat bercampur debu, pasir, batu, atau bahkan plastik. "Cape, habis bagaimana lagi (saya) orang tidak punya," kata Mamah.

Terik matahari yang kerap membakar tubuh tak dirasakan lagi. "Tak apa-apa kepanasan, yang penting dapat beras buat makan," ucapnya. Jika sedang beruntung, dalam sehari enam liter beras bisa didapat Mamah meski terkadang seliter pun tak berhasil dikumpulkan.

Seliter beras bisa dijual seharga Rp 4.000. Jika harga beras sedang naik seperti sekarang, beras hasil mengais ini bisa dijual seharga Rp 5.500 per liter.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.