Sukses

Juru Kunci Merapi Terima Uba Rampe

Keraton Yogyakarta menyerahkan <i>uba rampe</i> atau perlengkapan Labuhan Merapi kepada juru kunci Merapi, Mas Lurah Surakso Sihono, di kantor Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta: Keraton Yogyakarta menyerahkan uba rampe atau perlengkapan Labuhan Merapi kepada Juru Kunci Merapi, Mas Lurah Surakso Sihono, di kantor Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (2/7). Labuhan Merapi digelar esok pagi sebagai bentuk syukur atas jumenengan sang Raja dan bentuk permohonan keselamatan dari berbagai bencana Gunung Merapi.

Dalam seserahan hari ini, pihak keraton menyerahkan uba rampe yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama yang dikemas dalam sebuah kotak kayu, berisi aneka kain seperti sinjang cangkring, sinjang kawung, dan dara muluk. Ada pula minyak konyo, ses wangen atau rokok lintingan, dan yatri tindih atau sesajen. Sedangkan bagian kedua berisi dua buah apem mustoko yang ditutup kain putih.

Dalam upacara penyerahan yang berlangsung sederhana itu, pihak keraton diwakili oleh Pengageng II Widyobudoyo Kanjeng Raden Tumenggung Widyo Dipuro mengatakan, tidak ada pesan khusus yang disampaikan pihak keraton kepada juru kunci Merapi yang
baru.

Selanjutnya, berbagai uba rampe itu dibawa ke rumah juru kunci Merapi yang akrab disapa Pak Asih di hunian sementaranya di Umbulharjo, Cangkringan. Uba rampe akan disemayamkan selama satu malam untuk dibawa ke lokasi Labuhan, Ahad esok.

Lokasi Labuhan sebelumnya rusak parah akibat bencana Merapi. Lokasi Labuhan kali ini pun terpaksa dipindahkan ke lokasi baru di Alas Bedengan, sekitar 1,5 kilometer dari bekas kediaman Mbah Maridjan.(ASW/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.