Sukses

Semarak Perayaan Isra Mi`raj di Berbagai Daerah

Ribuan muslim di berbagai daerah menggelar kesenian Hadrah dalam rangka memperingati Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Solo: Ribuan muslim di Kota Solo, Jawa Tengah, menggelar kesenian Hadrah dalam rangka memperingati Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW. Sekitar 6.000 peserta yang terdiri dari 120 kelompok Hadrah berkumpul di Lapangan Kota Barat, Solo, Rabu (29/6).

Mereka lalu melakukan kirab atau berjalan beriringan sejauh lima kilometer mulai dari Lapangan Kota Barat, melintasi Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Solo. Dalam kirab Hadrah ini setiap kelompok menampilkan berbagai keterampilan melantunkan salawat Nabi yang diiringi musik rebana. Mereka juga menampilkan atraksi lainnya seperti putar piring.

Peringatan Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW juga dilaksanakan di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ratusan warga Njelok Patuk, Kabupaten Gunungkidul, memperingatinya dengan mengadakan ritual bersih Kali Oya. Ritual bersih kali ini diawali dengan kirab gunungan dari Balai Desa Njelok menuju Sungai Oya yang berjarak empat kilometer.

Gunungan yang berisi hasil sawah ladang petani itu berjumlah tiga buah gunungan. Kirab ini juga menampilkan beberapa kesenian tradisional seperti jathilan, reog dan kesenian tradisional lainnya. Sesampainya di Sungai Oya, warga lalu berkumpul untuk melakukan doa bersama.(APY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini