Sukses

Puluhan Tim Ikuti Kontes Robot di Semarang

Puluhan tim dari berbagai sekolah mengikuti kontes robot bertajuk "Robot Race" yang digelar di Mal Ciputra Semarang. Acara digelar dalam rangka mengisi liburan.

Liputan6.com, Semarang: Puluhan tim dari berbagai sekolah mulai dari taman kanak-kanak dan sekolah menengah atas mengikuti kontes robot bertajuk "Robot Race" yang digelar di Mal Ciputra Semarang, Jawa Tengah, Rabu (29/6). Acara digelar dalam rangka mengisi waktu liburan.

"Peminat kontes robot ini lumayan baik, terbukti banyaknya peserta yang mendaftarkan diri menjadi peserta, mungkin karena kontes robot jarang dilaksanakan di Semarang," kata Humas "Robot Race", Septi. Ia menambahkan robot belum banyak dikenal masyarakat Semarang.

"Perkembangan robot di Semarang agak tertinggal dibandingkan dengan kota lain seperti Surabaya, namun jika dibandingkan dengan Kota Solo bisa dikatakan setara," katanya. Ia mengatakan faktor biaya menjadi kendala para peminat dunia robot untuk lebih menekuninya.

"Untuk bisa membuat robot sederhana, kira-kira dibutuhkan biaya Rp 2,5 juta, dan robot "NXT" yang punya keahlian tertentu dan bisa dijalankan bisa mencapai Rp 6 juta," katanya. Untuk pembelajaran, bisanya digunakan lego untuk meminimalisir biaya dan pengaplikasian awal.

Salah satu orangtua peserta, Fatimah, mengaku senang dengan kegiatan kontes robot ini karena dapat membantu kreativitas serta mengasah kemampuan anak. "Kegiatan seperti ini dilakukan saat libur sekolah sehingga anak-anak bisa memanfaatkan dengan kegiatan positif," katanya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini