Sukses

Seniman Indonesia Meriahkan Festival Budaya Jakarta Berlin

Seniman Indonesia yang berkarya dan berdomisili di Jerman mendapat kehormatan tampil dalam "Festival Budaya Jakarta Berlin" di studio Admiral Palast Berlin.

Liputan6.com, Berlin: Seniman Indonesia yang berkarya dan berdomisili di Jerman mendapat kehormatan tampil dalam "Festival Budaya Jakarta Berlin". Acara itu dibuka Duta Besar Indonesia untuk Jerman Eddy Pratomo di studio Admiral Palast Berlin, baru-baru ini.

Di hadapan sekitar 200 undangan, acara diawali atraksi dari gong raksasa oleh seniman Sayo, asal Surabaya yang berdomisili lebih dari 20 tahun di Berlin. Menurut Ketua panitia penyelenggara Martin Jankowski Senin (27/6), acara berlangsung sangat meriah.

Saat acara peresmian festival budaya kedua negara yang akan berlangsung hingga 3 Juli itu, Duta Besar Eddy Pratomo menyambut hangat kerja sama antara Berlin dan Jakarta. Hal ini merupakan kali pertama sebuah hajatan besar antara dua negara yang menyangkut dua kota.

Pembukaan festival ini memang sengaja menampilkan para seniman Indonesia yang tinggal dan berkarya di Jerman.

Acara dilanjutkan dengan permainan piano oleh pianis kembar Sonja dan Shanti Sungkono kelahiran Jakarta yang berdomisili di Jerman selama 20 tahun. Mereka membawakan dua repertoar. Di antaranya karya pianis Tanah Air Ananda Sukarlan yang berjudul "The twain shall meet" yang khusus dibuat untuk pembukaan festival itu.

Sebagai acara penutup, kelompok Banjar Gruppe pimpinan Paul Gutama (77) yang menetap di Berlin lebih dari 40 tahun membawakan dua repertoar terbarunya. Kelompok yang terdiri dari tujuh orang dan mengandalkan instrumen gamelan ini menampilkan karya musik yang sarat kritik seperti yang tercermin dalam karyanya, Tenganan.(Ant/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini