Sukses

Negara Timur Tengah Dianggap Rawan buat TKI

Menakertrans Muhaimin Iskandar menilai, Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah lain sebagai negara paling rawan bagi para tenaga kerja Indonesia atau TKI.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menilai, Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah lain sebagai negara paling rawan bagi para tenaga kerja Indonesia atau TKI. Karena itu, Muhaimin berjanji akan menarik para WNI yang bekerja di sana.

"Pengurangan bertahap mereka-mereka yang bekerja di sektor domestik memang kita lakukan di sana sangat rawan. Kita ingin menghindari kerawanan dengan penarikan sampai ke tingkat zero, bahaya di sana," jelas Muhaimin saat acara diskusi Polemik di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (25/6).

Lebih lanjut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menjelaskan, Kemenakertrans sejak Januari 2010 lalu juga sudah menarik sejumlah TKI secara bertahap. Pengetatan total bagi pengiriman para TKI, lanjutnya juga terus dilakukan dengan memperketat syarat-sayarat pengiriman para TKI.

Lebih jauh pria yang sering disapa Cak Imin ini mengatakan, dengan adanya pengetatan maka semakin sedikitnya para calon TKI yang melamar. "Kelangkaan TKI di sana dari dalam negeri, dari 50 ribu,30 ribu, 15 ribu dan kini tinggal 12 ribu," tandasnya.(AIS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini