Sukses

Menakertrans Merasa Sudah Maksimal Tangani TKI

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menilai, telah bekerja keras mengatasi permasalahan TKI selama ini. Ia juga mengatakan pihaknya sudah menunjukkan kemajuan positif dalam pengurangan jumlah TKI.

Liputan6.com, Jakarta: Muhaimin Iskandar selaku Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi menilai, telah bekerja keras mengatasi permasalahan TKI selama ini. Ia juga mengatakan pihaknya sudah menunjukkan kemajuan positif dalam pengurangan jumlah TKI secara signifikan dari awal tahun ini.

"Kita harus mengurangi secara bertahap jumlah TKI. Sejak Januari kita telah lakukan pengetatan secara total dan sudah mulai berhasil," ucap Muhaimin saat menjadi pembicara dalam acara diskusi Polemik di Warung Daun, Cikini Jakarta, Sabtu (25/6).

Dalam hal ini Muhaimin juga menegaskan dan juga memaparkan tentang data-data TKI yang berkurang secara bertahap sejak Desember 2010 silam. "Dari yang per Desember 2010 sekitar 30.000-50.000 per bulan, sejak Desember sudah berkurang menjadi 12.000 saja per bulannya," jelas pria yang akrab disapa Cak Imin.

Seperti telah diketahui sebelumnya, Ruyati binti Satubi (54), TKI asal Bekasi, Jawa Barat yang dieksekusi mati kerajaan Arab Saudi, Sabtu silam dengan tuduhan membunuh majikan pada 12 Januari 2010. Pemerintah menyatakan mendampingi Ruyati sejak kasusnya pertama kali muncul dan selama proses persidangan. Selanjutnya pemerintah memprotes eksekusi mati yang dilakukan tanpa memberi tahu perwakilan Indonesia.

Atas kasus ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis silam meminta semua pihak mendukung keputusan pemerintah yang melakukan moratorium pengiriman TKI ke Arab Saudi.(AIS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.