Sukses

Suwarni, Saksi Perjalanan Hidup Ruyati

Ruyati binti Saboti Saruna sering mendapatkan perlakukan kasar dari majikannya. Ia juga sering diancam akan disiram sorba, makanan khas Arab yang berkuah panas.

Liputan6.com, Lampung: Ruyati binti Saboti Saruna sering mendapatkan perlakukan kasar dari majikannya. Ia juga sering diancam akan disiram sorba, makanan khas Arab yang berkuah panas. Demikian diceritakan Suwarni, mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pernah bekerja di Arab Saudi dan teman dekat Ruyati, Selasa (21/6).

Menurut warga Desa Pardasuka, Katibung, Lampung Selatan, Lampung, itu Ruyati sering menceritakan perlakuan buruk majikannya itu kepadanya. Majikan Suwarni merupakan anak majikan Ruyati, sehingga almarhumah bisa sering berbincang dengannya.

Ruyati sempat mengatakan kepada Suwarni bahwa ia ingin segera pulang ke Indonesia, karena tidak kuat menghadapi majikannya. "Ruyati sudah sering meminta pertolongan ke pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi, namun nomor telepon pihak KBRI tersebut tidak pernah aktif," katanya.

Suwarni berharap pemerintah Indonesia segera menutup kerja sama pengiriman TKI ke Arab Saudi. Pasalnya, pihak KBRI di Arab Saudi tidak pernah memerhatikan para TKI yang mendapatkan perlakuan kasar dari majikannya.(ARE/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.