Sukses

Pendidikan Belum Berpihak pada Warga Miskin

Ketika sebagian orang sedang menikmati liburan sekolah dan yang lain sedang sibuk menyiapkan tahun ajaran baru, warga miskin justru kebingungan memikirkan cara bisa melanjutkan sekolah.

Liputan6.com, Polewali: Ketika sebagian orang sedang menikmati liburan sekolah dan yang lain sedang sibuk menyiapkan tahun ajaran baru, warga miskin justru kebingungan memikirkan cara bisa melanjutkan sekolah. Bahkan, saat ini makin mudah menjumpai warga miskin yang kesulitan untuk menyekolahkan anaknya.

Contohnya di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sejumlah warganya hidup dalam kemiskinan kendati tetap berupaya agar anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang layak. Lihat saja Sahawiyah dan enam anaknya yang tinggal di gubuk reot di kawasan hutan Binuang, Polman. Tidak ada lampu dan makan juga tidak selalu tersedia.

Di balik semua keterbatasan itu, Sahawiyah mengaku masih bisa bersyukur karena tiga anaknya bisa kembali bersekolah, meski anaknya yang lainnya tak bisa mengecap pendidikan karena tak ada biaya. Undang-undang yang menjamin setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan ternyata tidak selalu berlaku bagi orang miskin di negeri ini.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini