Sukses

Pelaku Contek Massal Akan Ditindak Tegas

Demikian janji Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Jakarta, Jumat (17/6), terkait dugaan mencontek massal di SDN Pesanggrahan 06 Petang.

Liputan6.com, Jakarta: Dinas Pendidikan masih menginvestigasi kasus dugaan menyontek massal di Sekolah Dasar Negeri Pesanggrahan 06 Petang. Bila ada yang ditemukan terlibat kecurangan saat pelaksanaan ujian nasional (UN), beberapa waktu silam maka akan ditindak tegas.

"Setiap perbuatan yang tidak berakhlak itu harus kita cegah dan kita kenakan sanksi," tutur Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Jakarta, Jumat (17/6), terkait kecurangan yang terjadi. Mencontek massal di SDN Pesanggrahan 06 Petang terbongkar dari pengaduan M. Abrari Pulungan, siswa kelas VI di SDN Pesanggrahan 06 Petang.

Kemudian didampingi orangtua dan Komisi Perlindungan Anak, Abrari mendatangi balaikota dan mengaku mendapat intimidasi dari seorang guru. Hal itu terjadi setelah ia menolak menyebarkan jawaban UN kepada teman-temannya. "Gak lulus sama dihukum berat," tutur Abrari.

Fenomena ini menurut pengamat pendidikan Arief Rahman, menunjukkan adanya kegagalan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Ia pun khawatir jika dibiarkan berlarut-larut, akan banyak muncul generasi penerus bangsa bermoral koruptor. "Mencontek nampaknya sudah menjadi budaya di dalam proses pendidikan."

Sebelumnya mencontek massal juga sempat dilaporkan orangtua siswa SDN Gadel 2 Surabaya, Jawa Timur. Hal itu belakangan dibantah Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh [baca: Mendiknas: Tidak Ada Contek Massal]. Meski baru dua laporan terkait mencontek massal, dikhawatirkan aksi ini juga terjadi di sekolah lain namun belum terungkap melalui media.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini